Sivitas PPII Raih Penghargaan pada HUT LIPI Ke-54

Sivitas PPII Raih Penghargaan pada HUT LIPI Ke-54

Muhamad Ridwan, S.,Far (baca:kanan)

Cibinong, Humas LIPI. Peringatan Hari Ulang Tahun ke-54 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia pada tanggal 23 Oktober 2021 merupakan momen penting dan akan menjadi sejarah sebelum LIPI bertransformasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), namun demikian LIPI akan terus berkiprah dan berinovasi untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Sesuai dengan tema HUT pada tahun ini Semangat Inovasi Solusi untuk Negeri.

Berbagai rangkaian acara terselenggara dalam rangka peringatan HUT LIPI dan pada Kamis (26/08) LIPI kembali melaksanakan “Talkshow Riset dan Inovasi di Dunia Hyperconnected” dan penyerahaan penghargaan kepada sivitas LIPI secara virtual dan dihadiri oleh Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Kepala LIPI, seluruh pimpinan, dan sivitas di lingkungan LIPI.

Plh. Kepala LIPI Agus Haryono mengatakan kita bisa menjadikan ilmu pengetahuan dan teknologi serta riset memberikan kontribusi yang riil dan dapat dirasakan oleh masyarakat dengan ketekukan, konsistensi dan membuktikannya tanpa harus dengan jalan pintas. “Fokus bekerja tetap produktif dengan menekankan protokol kesehatan yang efektif. Dampak pandemi covid-19 sangat cepat dan saat ini bangsa masih berjuang menghadapi pandemi perlu mengeluarkan segala kemampuan kita dalam mengalami kesulitan”, ujarnya.

Hal ini sejalan dengan penghargaan yang diterima oleh sivitas Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK LIPI, Muhamad Ridwan, S.Far yang menerima Penghargaan Satyalancana Pembangunan di Lingkungan LIPI Tahun 2021 (Keputusan Presiden RI Nomor 86/TK Tahun 2021). Perhargaan ini merupakan tanda kehormatan Satyalancana Pembangunan untuk menghargai warga negara Indonesia yang berjasa besar dalam lapangan pembangunan negara pada umumnya atau dalam lapangan pembangunan dalam sesuatu bidang tertentu.

“Berperan aktif dalam pengembangan uji Covid-19 di BSL-2 LIPI yang telah tersertifikasi dan memiliki kompartemen terpisah ruang ekstraksi dan RT_PCR dengan system ELSA Covid-19 yang dapat lacak status pemeriksaan real time, pengerjaan sampel secara cepat, akurat, dan andal, sehingga bermanfaat bagi Lembaga riset, rumah sakit dan masyarakat,” ungkap Ridwan tentang aktivitasnya dalam proses penanganan Covid-19 pada masa pandemi.

Ridwan melakukan pekerjaan sebagai pemimpin pelaksana pada pengujian virus Sars-CoV-2 melalui uji RT-PCR sejak awal pandemi Covid-19 di BSL-3 dan BSL-2 LIPI, dan berhasil mendidik para pelaksana di BSL-2 sehingga memiliki dedikasi yang tinggi. Ia juga terlibat aktif dalam membangun fasilitas riset yang besar manfaatnya untuk kemajuan riset bioteknologi di LIPI yaitu di Laboratorium Invitro Diagnosis dan BSL3 LIPI untuk pengujian alat kesehatan, pengembangan primer dan DNA sekuenser.

“Ridwan termasuk SDM Manajemen IPTEK yang unggul dan rekan kerja yang humble, mudah bergaul dan selalu membawa kehangatan untuk lingkungan kerja. Selamat atas penghargaan jasa pembangunannya, pertahankan dan tingkatkan selalu kinerja,” jelas Rifki Sadikin, Koordinator Laboratorium Riset PPII LIPI.

Ana Harlina, S.H.,M.M. (baca:tengah)

Pada kesempatan yang sama, Ana Harlina, S.H., M.M. selaku Koordinator Bidang Inkubasi Teknologi PPII LIPI menerima Penghargaan sebagai Koordinator Terbaik di Lingkungan Sekretaris Utama LIPI Tahun 2021. Kiprahnya sebagai pemimpin tidak diragukan lagi karena kompetensi dan pengalamannya sudah terukir lama di LIPI. Tidak hanya di PPII LIPI, Ana pernah menjadi Bendahara, Pusat Penelitia Kimia dan Kasubbid Diseminasi Hasil Penelitian, Pusat Penelitian Informatika.

“Terima kasih atas kepercayaan LIPI kepada saya selama ini. Saya banyak belajar selama bekerja di Pusat Penelitian Kimia, Pusat Penelitian Informatika dan Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK (PPII) ini. Terimakasih kepada semua yang telah membantu saya untuk terus belajar dan berkarya, semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi diri saya sendiri dan rekan-rekan semua. Selamat Ulang Tahun ke 54 LIPI,” tuturnya

Saat ini, LIPI memasuki 54 tahun dan terus semangat menyikapi berbagai dinamika dan berkontribusi nyata dengan melakukan langkah-langkah inovatif untuk membangun bangsa ini. Semoga perhargaan ini dapat memotivasi seluruh sivitas PPII LIPI untuk terus bekerja dengan semangat dan berinovasi dengan lebih baik lagi. (yl)