PathGen, Start Up Binaan LIPI Berhasil Menjuarai Kompetisi Dunia

PathGen, Start Up Binaan LIPI Berhasil Menjuarai Kompetisi Dunia

Cibinong. Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia melalui Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK (PPII) melaksanakan fungsi inkubasi teknologi yang melahirkan dan mendampingi perusahaan rintisan baru berbasis teknologi yang akan memperkuat program ekonomi kreatif di Indonesia. Sejak 2015, PPII LIPI telah menjadi inkubator teknologi di lingkungan LIPI yang melakukan proses inkubasi terhadap wirausaha/tenant.

PT. PathGen Diagnostik Teknologi adalah salah satu start-up binaan LIPI yang mengikuti ajang internasional “Extreme Tech Challenge 2021”. Kompetisi ini merupakan kompetisi sosial inovasi dan start-up terbesar di dunia dan Pathgen berhasil menjadi juara dalam kategori People’s Choice Award. Pathgen adalah start-up yang bergerak di bidang kesehatan dengan mengembangkan teknologi diagnostik.

Sebelumnya Pathgen bergabung dengan finalis lainnya untuk tampil di acara final pada 22 Juli 2021 yang diikuti lebih dari 3700 peserta dari 92 negara. Ada 7 (tujuh) kategori dalam kompetisi ini yaitu Agtech, Food & Water, Cleantech and Energy, Education, Enabling Technologies, Fintech, Healthcare, and Transportation and Smart Cities. Tahun ini, para finalis XTC juga bersaing untuk mendapatkan satu dari tiga penghargaan khusus yaitu Covid-19 Innovation Award, Female Founders Award, dan Ethical AI Award. Kompetisi ini dilaksanakan secara virtual dan berbagai negara hadir serta menyaksikan acara bergengsi ini.

Direktur PathGen, Susanti mengatakan bahwa capaian ini menjadi bentuk nyata dari semangat PathGen yang saat ini baru genap satu tahun untuk terus berkembang dan berinovasi memberikan dampak nyata bagi Indonesia. PathGen optimis untuk dapat kembali meraih prestasi di ajang lain di waktu mendatang. “Dengan dukungan dari pemerintah melalui Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan berbagai mitra lainnya seperti Bio Farma, PathGen berupaya turut serta membangun ekosistem riset dan pengembangan bioteknologi terapan khususnya di bidang kesehatan di Indonesia”. Ungkapnya.

PPII LIPI selaku mitra dan inkubator dari PT PathGen Diagnostik Teknologi memiliki peranan sangat penting dalam mendukung pengembangan PathGen sebagai sebuah perusahaan rintisan berbasis sains. Akses pemanfaatan laboratorium IVD dan peralatan penunjang lainnya memungkinkan PathGen untuk dapat menjalankan kegiatan riset dan pengembangan teknologi diagnostik.

Di samping hal teknis yang sehari-hari dilakukan PathGen, PPII juga turut mendukung pengembangan aspek-aspek perusahaan rintisan seperti pembutan website, paten, dan lainnya. “Dukungan dari PPII selaku inkubator memberikan dampak  positif bagai pengembanganan dan kemajuan PathGen,” pungkas Susanti. (yl ed sl)