Coaching Clinic Penyusunan Dokumen Paten bidang Teknologi Informasi dan Digital

Coaching Clinic Penyusunan Dokumen Paten bidang Teknologi Informasi dan Digital

Latar Belakang

Teknologi komputasi dan digital saat ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia dan bisnis. Dengan begitu cepatnya perubahan teknologi baru ini maka muncul tantangan dalam menangani proses kekayaan intelektual. Bagaimana proses perlindungan inovasi baru yang telah dihasilkan? Jenis kekayaan intelektual apa yang cocok untuk melindungi inovasi baru tersebut? Dan apa ancaman terhadap kekayaan intelektual digital Anda?

Setiap hak kekayaan intelektual (KI) menawarkan bentuk perlindungan yang berbeda, misalkan untuk perangkat lunak (software):

• Paten melindungi cara program membuat komputer bekerja.

• Hak cipta melindungi kode program komputer dari penyalinan.

• Hak tata letak sirkuit melindungi tampilan (desain dan tata letak) dari sirkuit elektronik.

Paten menawarkan bentuk perlindungan yang lebih kuat untuk perangkat lunak. Paten dapat diberikan untuk solusi inovatif dan praktis untuk masalah teknologi. Akan tetapi, perlindungan paten tidak berlaku untuk program yang dikembangkan untuk melakukan proses kerja/metode dengan cara yang sama seperti program lain, meskipun kodenya berbeda.

LIPI sebagai Lembaga litbang terbesar di Indonesia sudah memiliki lebih dari seribu paten sampai dengan tahun 2021 beberapa diantaranya adalah paten terkait bidang Teknologi Informasi dan Digital. Sumber daya penelitian yang besar dan ditunjang oleh kemampuan serta pengalaman manajemen kekayaan intelektual (KI) telah menciptakan budaya KI dalam lingkungan institusi. Pada mayoritas kegiatan penelitian, KI senantiasa menjadi output selain publikasi terindeks.

Dengan bekal tersebut, PPII LIPI akan menyelenggarakan Coaching Clinic Penyusunan Dokumen Paten bidang Teknologi Informasi dan Digital. Melalui Coaching Clinic ini peserta diberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan tutor dan peserta melalui forum diskusi via streaming (aplikasi zoom). Tujuan kegiatan ini adalah agar peserta mampu menyusun dokumen paten secara mandiri.

Waktu dan Tempat Kegiatan

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal       : 18; 21-22 Juni 2021

Waktu                   : 09.00 – 17.00 WIB

Tempat                : Ruang Meeting Zoom Virtual (link MenyusuI)

Investasi : Rp. 3.000.000,-

Link Pendaftaran: https://bit.ly/CoachingClinicKI_ITdanDigital_LIPI 

Narahubung :

Soni (0852 6181 3095)