Lembaga Eijkman Kunjungi Fasilitas Laboratorium Riset LIPI

Lembaga Eijkman Kunjungi Fasilitas Laboratorium Riset LIPI

Cibinong, Humas LIPI. Sejak tahun 2018 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan pengembangan infrastruktur IPTEK melalui SBSN (Surat Berharga Syariah Negara). Langkah ini merupakan salah satu upaya LIPI untuk meningkatkan kegiatan penelitian yang dapat menghasilkan inovasi untuk memperkuat daya saing industri nasional, pertumbuhan ekonomi dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Beberapa fasilitas infrastruktur IPTEK LIPI saat ini sedang dalam proses pembangunan dan sebagian lagi sudah beroperasi di Kawasan Cibinong Science Center (CSC) seperti Integrated Laboratory of Bioproduct (iLaB) dan Fasilitas Gedung Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan (Pusbindiklat) LIPI. Selain itu gedung laboratorium lainnya di LIPI Kampus Cibinong yang masih dalam proses pembangunan diantaranya Gedung Genomik, Gedung Kekayaan Hayati, Green House Biodiversitas dan pengelolaan Kapal Riset.

Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi Puspita Lisdiyanti pada Kamis (27/05), mengatakan ada sebagian fasilitas laboratorium tahun ini akan selesai. “Untuk pengelolaan fasilititas infrastruktur IPTEK oleh Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK (PPII) LIPI, sehingga para peneliti menjadi fokus melakukan penelitian dan sangat efisien dalam hal anggaran dan sistem co-working space yang dapat dimanfaatkan bersama”, ujar Lilis.

Perkembangan dan perubahan yang terjadi di LIPI beberapa tahun terakhir ini yang mengedepankan efektivitas dan produktivitas dalam mengelola anggaran untuk pembangunan fasilitas laboratorium mendorong Lembaga Eijkman untuk datang dan melihat langsung kondisi fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh LIPI.

Herawati Sudoyo, seorang dokter, peneliti, dan penganalisa DNA forensik dari Lembaga Eijkman menyampaikan, “Tujuan kami datang ke LIPI Cibinong untuk mengetahui area gedung serta fasilitas laboratorium di LIPI, karena kami ada rencana membuat laboratorium juga”, ungkapnya.

Sebagai Informasi, Lembaga Biologi Molekuler Eijkman adalah lembaga penelitian pemerintah yang bergerak di bidang biologi molekuler dan bioteknologi kedokteran. Misi dari lembaga ini adalah memajukan perkembangan penelitian dasar dan terapan bidang biologi molekuler di Indonesia dengan fokus pada biomedis biodiversitas bioteknologi dan biosekuritas serta menerapkan kemajuan tersebut untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia dan saat ini lembaga ini bernaung di bawah BRIN (Badan Riset dan Inovasi Indonesia).

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Laboratorium Riset LIPI dari PPII, Rifki Sadikin menambahkan bahwa pemanfaatan laboratorium riset LIPI terbuka bagi industri, akademisi, mahasiswa, dan masyarakat tidak hanya dari kalangan peneliti LIPI saja. Dalam pengunaannya dapat melalui E-Layanan Sains www.elsa.lipi.go.id, dan layanan laboratorium riset menjadi terintegrasi. Harapan dari pertemuan ini yaitu ada sinergitas antara LIPI dan Lembaga Eijkman dalam membentuk dan membangun laboratorium riset untuk mendukung perkembangan riset di Indonesia. (yl)