PEMANFAATAN HPC BIG DATA BERKINERJA TINGGI

PEMANFAATAN HPC BIG DATA BERKINERJA TINGGI

Rifki sadikin (kiri) tengah berbincang dengan wartawan Metro TV (kanan)
di Laboratorium HPC Gedung Inovasi PPII

Cibinong, Humas LIPI. Menghadapi revolusi industri 4.0, LIPI telah memiliki teknologi komputer dengan kapasitas kinerja tinggi dan penyimpanan yang besar bernama High Performance Computing (HPC). Fasilitas HPC merupakan layanan sains bagi masyarakat yang membutuhkan pengolahan data dengan ukuran raksasa. Pengolahan data untuk aplikasi kecerdasan buatan membutuhkan kemampuan komputasi komputer yang tinggi supaya dapat melakukan analisis secara cepat dan akurat.

Rifki Sadikin selaku Peneliti Pusat Penelitian Informatika dan Koordinator Laboratorium Riset LIPI mengatakan fasilitas HPC LIPI mencapai 2.864 core prosessor, memori kerja 13.552 GB, dan kapasitas penyimpanan sampai dengan 4 Peta Byte atau setara 4 juta GB.

“Salah satu pemanfaatan HPC berkaitan dengan Covid-19 yaitu mengurutkan sekuens genom utuh atau Whole Genome Sequencing (WGS) dari dua sampel virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 dari Indonesia melalui cara kerja praktis dan efisien dengan memonitor dari jarak jauh,” ungkap Rifki saat diwawancarai wartawan Metro TV, pada Kamis (17/12).

Fasilitas HPC yang berada di Pusat Pengembangan Inovasi dan IPTEK (PPII) LIPI, sangat terbuka dimanfaatkan semua pihak, baik peneliti, akademisi, mahasiswa, dan start up  dengan cara mengisi form di situs www.hpc.lipi.go.id. Fasilitas ini sudah digunakan oleh beberapa studio animasi untuk melakukan render dalam proses produksi.

Salah satu start up yang memanfaatkan HPC, yaitu Studio Animasi Imaji binaan Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK (PPII) LIPI yang berkantor di Gedung Inovasi PPII LIPI Cibinong. Studio ini telah banyak menangani karya animasi dari dalam dan luar negeri, salah satu karyanya adalah kartun animasi “KIKO” yang telah tayang di salah satu stasiun TV Indonesia. “Saat ini kami juga sedang menyelesaikan proyek animasi dari Korea dan animasi ‘tik tok’ dalam bidang kesehatan,” ungkap Digun, selaku Direktur Studio Animasi Imaji kepada Metro TV.

Sebagai informasi, Metro TV melakukan peliputan dan pengambilan gambar terkait “High Performance Computer” di PPII LIPI untuk program “15 Minutes”. Acara akan ditayangkan di Metro TV, pada Selasa, 22 Desember Pukul 18.45 WIB. (yl ed sl)