PPII Gandeng Gensa Guna Perluas Pangsa Pasar UMKM di Masa Pandemi

PPII Gandeng Gensa Guna Perluas Pangsa Pasar UMKM di Masa Pandemi

Pada hari Senin (10/08), PPII LIPI mengadakan kegiatan secara daring untuk mempertemukan UMKM yang menjadi tenant binaan LIPI dengan perwakilan dari Galeri Etnik Nusantara (Gensa). Pertemuan ini bertujuan dalam rangka pengembangan kompetensi UMKM yang menjadi mitra dan binaan kedua belah pihak. Selain itu, kegiatan ini merupakan upaya PPII dalam mendukung UMKM tenant yang akan memulai tahap scale up produksi.

Hadir dalam kegiatan, Setiowiji sebagai perwakilan PPII LIPI memberikan sambutannya pada awal pertemuan. Setio menyampaikan bahwa dalam menghadapi masa pandemi ini, berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk peningkatan ekonomi Indonesia yang mengalami penurunan. Salah satu upaya adalah dukungan kepada UMKM sebagai penggerak roda ekonomi Indonesia selama ini dengan memberi akses pinjaman modal. Namun disisi lain, terjadi penurunan daya beli masyarakat akibat pandemi Covid 19 ini yang akan berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha UMKM. Oleh karena itu, PPII LIPI mencoba berupaya agar pemasaran produk UMKM binaan LIPI dapat diperluas dengan melakukan penjajakan kerjasama dengan Gensa.

Gensa yang merupakan program dari sebuah lembaga Kemitraan Sosial Mitra Dinamika Sejahtera (KSMDS) menjadi wadah bagi banyak UMKM untuk mengembangkan pangsa pasar baik nasional dan internasional secara tetap dan berkesinambungan. Rachel, sebagai pendiri KSMDS menerangkan berbagai produk UMKM yang sudah diekspor ke berbagai negara yang terdiri dari makanan, kerajinan,  aksesoris dan fashion.

Kegiatan ini berlanjut ke sesi diskusi oleh para UMKM tenant LIPI yang antusias mengikuti acara. Berbagai pertanyaan mengenai persiapan yang harus dilakukan agar produk dapat dieskpor diajukan kepada pihak Gensa. Selain itu, PPII membuka tanya jawab bagi UMKM mitra Gensa yang ingin mendapat dukungan layanan penelitian untuk pengembangan produk. (SN/ed:yl)