UMKM PPII LIPI : PENGEMBANGAN PRODUK KEFIR

UMKM PPII LIPI : PENGEMBANGAN PRODUK KEFIR

Dalam dunia inovasi khususnya bagi produsen minuman yang mempunyai produk berupa cairan, sering mengalami kendala dalam rantai perdagangannya menuju konsumen. Salah satu kendalanya yaitu kesulitan pengangkutan jarak tempuh antara produsen dan konsumen yang disebabkan produk berupa cairan. Banyak perusahaan baik yang sudah berjalan ataupun yang masih pemula mengalami permasalahan seperti itu. Sebagaimana pendapat salah satu pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah MilkyWay, bahwa jaringan marketing yang kurang luas terkendala karena produknya berwujud cair sehingga produkya tidak dapat melakukan pengiriman antar pulau karena rentan rusak pada produknya. Lalu bagaimana solusinya?


Renita Marianty S.TP., M.P. pemilik produk kefir

MilkyWay, nama produsen minuman kesehatan berupa yoghurt dan kefir berdiri sejak tahun 2011 ini menjadi salah satu tenan outwall di Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPII-LIPI). Pemilik produk minuman fermentasi bernama Renita Marianty S.TP., M.P., ingin mengembangkan produknya selain dalam bentuk cair juga dalam bentuk instan. Namun sebelumnya ada baiknya kita memahami perbedaan produk yoghurt, kefir dan yakult. Yoghurt adalah susu yang difermentasi dengan dua jenis bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermopillus. Yakult merupakan susu yang difermentasi oleh jenis bakteri Lactobacillus casei jenis Shirota. Sedangkan Kefir yaitu sejenis produk susu yang difermentasi dengan kefir grains. Kefir grains merupakan sismbiosis dari berbagai macam bakteri (30 jenis bakteri) dan khamir / yeast dalam matrix kasein susu.

Produk kefir dalam bentuk minuman

Kemudian bagaimana kefir kaitannya dengan kesehatan? Berdasarkan informasi dari sumber bahwa Kefir mengandung vitamin, mineral dan asam amino yang berfungsi membantu proses penyembuhan dan mingkatkan daya tahan tubuh atau imun. Biotin yang terdapat pada kefir berfungsi untuk membentuk vitamin B1, B12 dan K dan asam folat, asam panthotenat untuk menjaga kesehatan ginjal, sistem syaraf dan menghaluskan kulit. Protein mudah dicerna khususnya asam amino triptofan memiliki efek menenangkan syaraf. Banyak manfaat kefir untuk kesehatan diantaranya selain dapat mencegah berbagai macam alergi, juga mencegah pertumbuhan kanker tumor, hepatitis, herves, SARS, HIV/AIDS dan flu. Kefir dapat menyembuhkan berbagai penyakit diantaranya penyakit pernafasan, radang usus, tekanan darah dan diabet. Namun semua itu tentu saja pemakaiannya mengikuti pedoman konsumsi kefir dengan menggunakan dosis yang dianjurkan.

Dalam mengatasi kendala di atas, agar produk dengan mudah mencapai konsumen, diversifikasi produk dapat menjadikan salah satu alternatif untuk mengembangkan jenis produk. Produk minuman yang terbuat dari bahan susu yang difermentasi dapat dirubah kedalam bentuk serbuk atau powder. Dengan peralatan teknologi yang dimiliki PPII LIPI MilkyWay berhasil mengembangkan produknya dengan kemasan baru dari bentuk cair ke bentuk serbuk. Nama alat tersebut adalah freeze dryer, satu dari sekian banyak perlatan di pilot plan PPII.

UMKM ini baru menyelesaikan batch pertama sebelum pandemi COVID 19 dan mulai 1 Juli 2020 melanjutkan batch 2. Dengan berhasilnya inovasi bentuk produk dari cair ke serbuk ouwner MilkyWay berpesan untuk terus berinovasi dan belajar untuk perbaikan diri  dan usaha yang berkelanjutan. PPII sebagai satuan kerja yang membina UMKM ini terus mendukung dan memfasilitasi UMKM ini dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas produknya. Lebih detail mengenai layanan fasilitas dan peralatan yang ada di PPII LIPI Cibinong Science Center ini dapat menghubungi Email : info.inovasi@mail.lipi.go.id Phone: +62(0)1-87917216.Fax : +62(0)21-87917221. (dk/ed:yl)