Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Lisensi Antara PPII, P2 Biomaterial LIPI dengan PT. Panel Agro Lestari

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Lisensi Antara PPII, P2 Biomaterial LIPI dengan PT. Panel Agro Lestari

PPII LIPI, P2 Biomaterial LIPI dan PT. Panel Agro Lestari Diskusi di Ruang Rapat

Cibinong – PPII. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia melalui satuan kerja Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK (PPII) LIPI melaksanakan fungsinya sebagai intermediasi alih teknologi. Alih teknologi merupakan pengalihan kemampuan memanfaatkan dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang dihasilkan oleh LIPI dengan lembaga lain, badan, atau orang, baik yang berada di lingkungan dalam negeri maupun yang berasal dari luar negeri ke dalam negeri atau sebaliknya.

Salah satu skema alih teknologi ke industri adalah melalui lisensi, yaitu kesepakatan penggunaan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang dihasilkan LIPI dan digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian. LIPI menerima manfaat/imbalan atas penggunaan HKI tersebut. Sementara itu, pihak yang menerima alih teknologi diharapkan mampu memanfaatkan dan menguasai teknologi tersebut untuk kepentingan masyarakat.

Ada banyak invensi/teknologi yang dilahirkan LIPI dari berbagai bidang/disiplin ilmu yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat atau industri. Salah satu invensinya yaitu rangka sepeda berbahan dasar kayu desain industri dengan inventor Dr. Ir. Wahyu Dwianto, M.Agr., Teguh Darmawan, S.T., Jayadi, S.T., Ahmad Syahrir, Ismadi, M.T., dan Dimas Triwibowo, S.T dari Pusat Penelitian Biomaterial dan Didi Diarsa Adiana dari PT. Panel Agro Lestari. Rangka sepeda ini menggunakan teknologi pelengkungan kayu yaitu suatu teknik yang dapat membuat kayu yang lurus menjadi berbentuk lengkung dengan memanfaatkan sifat viscoelastisnya.


Sepeda Kayu Fixie Berbahan Dasar Kayu

Teknik ini dapat memanfaatkan bahan baku kayu lebih efisien, karena pada umumnya komponen kayu lengkung dibuat dari balok ukuran besar yang kemudian digergaji supaya menjadi bentuk lengkung dan disambung. Teknik ini lebih mudah diterapkan pada LVL (Laminated Veneer Lumber) karena dapat dilengkungkan sesuai dengan bentuk yang diinginkan tanpa harus menggunakan panas.

Pada Hari Kamis (05/03) bertempat di Ruang Rapat PPII LIPI telah berlangsung penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Lisensi antara PPII LIPI, PT. Panel Agro Lestari dan Pusat Penelitian Biomaterial LIPI yang dihadiri oleh Kepala PPII LIPI Dr. Yan Rianto, M.Eng, Direktur Utama PT. Panel Agro Lestari Ir. Amran Zakaria, MBA dan Kepala P2 Bimaterial Dr. Iman Hidayat, Plt. Kabid Alih Teknologi Th. Ningsi Astuti, S.E dan jajarannya berdiskusi tentang potensi dan peluang dari kerja sama ini. “Kerja sama ini tentunya akan menguntungkan bagi kedua belah pihak, dan peminatnya akan banyak terhadap sepeda kayu lengkung ini”. Ungkap Ningsi.

Strategi pemasaran dan promosi sudah direncanakan oleh pihak PT. Panel Agro Lestari dan  produk sepeda dengan desain rangka yang unik dan langka ini masih belum banyak di pasaran. Dengan keunggulan yang dimiliki oleh rangka kayu hasil invensi LIPI ini akan mempunyai tempat tersendiri di masyarakat dan memiliki kesan tersendiri bagi pemakainya. Invensi LIPI semakin dikenal dan bermanfaat keberadaannya bagi masyarakat melalui industri. (YL)